Seni Marawis di MA Al-Muthmainnah

Group Marawis MA Al-MuthmainnahSeni Marawis Madrasah Aliyah Al-Muthmainnah (SEMMALAM) yaitu nama group kesenian religi siswa-siswi MA Al-Muthmainnah Ciogong Sindangbarang Cianjur yang terbentuk pada bulan Mei 2014 merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dirancang dan didirikan oleh Bapak Dedi Koswara, S.Pd.I selaku Wakamad Kurikulum MA Al-Muthmainnah pada waktu itu.

Kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia khusunya bagi siswa-siswi MA Al-Muthmainnah dibidang kesenian. Untuk menggali potensi yang dimiliki oleh siswa Bapak Dedi Koswara menugaskan Sri Restu Rahayu salah staf Tata Usaha untuk membimbing Group Marawis tersebut. Langkah positif yang diambil Sri Restu Rahayu untuk membimbing asuhannya, beliau menghadirkan pelatih dari Group Marawis yang ada di MAN Tanggeung yaitu : Kang Aris, Kang Agus dan Kang Maskur untuk melatih seni marawis di MA Al-Muthmainnah.

Waktu latihan yang sangat singkat yaitu hanya 7 hari asuhan Sri Restu Rahayu mampu memahami 12 lagu dan terbentuklah sebuah Group yang didambakan oleh Warga MA Al-Muthmainnah.

Pada hari kedelapan di MA Al-Muthmainnah ini mengenal kesenian marawis  yang bisa didengar dan disaksikan penampilannya serta pada hari itu pula Group Kesenian Marawis resmi dikukuhkan oleh Bapak Dedi Koswara, S.Pd.I. dan diberi nama SEMMALAM yaitu kepanjangan dari Seni Marawis Madrasah Aliyah Al-Muthmainnah. Setelah resmi dikukuhkan sore itu juga tampil untuk yang pertama kalinya menerima undangan dari salah seorang alumni dalam acara peringatan Maulida Nabi Muhammad SAW di Kp. Cipunaga Desa Kertamukti Kec. Sindangbarang. Seusai penampilan SEMMALAM Hembusan beritapun tersebar kepeloksok penjuru kampung melalui SMS, telpon dan beritu mulut kemulut dan sejak saat itu pula SEMMALAM langsung kebanjiran undangan dan jadwal show yang banyak.

Berikut nama sisw-siswi yang masuh dalam Group SEMMALAM :

1. Fitriani Fahmi (Vokalis) 2. Gunawan (Vokalis) 3. H. Farhan (Pemegang Hajir) 4. Dandi (Pemegang Tumbuk Batu dan Pinggang) 5. Komalasari (pemegang kecrek) 6. Rismawati; 7. Abdalah, 8. Muh. Abdul Latif 9. Desi Ratnasari 10. Tita Safitri 11. Husni Mubarok 12. Alvi Nurhindasah 13. Agri Sugiarto 14. Sri Nurahmah (MC) 15. Rosi Nurutami (MC).

Terima kasih yang tak terhingga kepada semua fihak yang telah ikut berpartisipasi dalam mendirikan Group Marawis SEMMALAM, karena yakin bahwa kesenian tersebut banyak diminati siswa dan layak dijadikan kegiatan ekstrakurikuler.

Demikian sekilas sejarah berdirinya SEMMALAM. Semoga bermanfaat dan semoga menjadi inspirasi untuk terus berkarya untuk Indonesia Jaya dan Bangkit untuk sejahtera.

Apa Komentar Anda ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s