Pengertian Internet

A.    Apakah Internet itu ?

Kalau kita berbicara  tentang Internet saat ini, itu berarti kita bicara tentang World Wide Web (WWW) atau yang sering dikenal dengan Web. Nama itu begitu popular karena sejak web ditemukan pada tahun 1992, Internet tumbuh dengan sangat pesat. Namun sebenarnya, internet sudah ada sejak tahun 1969. Waktu itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat Membangun sebuah Jaringan computer melalui proyek yang disebut ARPanet (Advanced Research Project Administrastion Network).

Jaringan computer adalah kumpulan dari sejumlah computer yang terhubung satu sama lain dan bisa saling bertukar data, oleh sebab itu masing-masing computer bisa berhubungan dengan computer lain melewati berbagai jalur aternatif. Jaringan tersebut kemudian diberi nama internet

Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (email, mailist), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya.

B.    Tujuan

Tujuan dari pembangunan internet adalah untuk saling bertukar data (informasi). Kita bisa masuk ke computer lain dan melihat informasi yang ada, misal hasil penelitian suatu badan research yang  berada di mancanegara. Selain itu fasilitas yang sangat popular sejak awal adalah e-mail (surat elektronik) yang digunakan untuk berkomunikasi dan newsgroup digunakan sebagai sarana berdiskusi tentang topik tertentu.

C. BEKERJA DENGAN INTERNET

Untuk bisa menjelajahi internet, kita harus memiliki peralatan yang dibutuhkan :
•    Komputer minimal Pentium 1000 Mhz atau yang setara
•    RAM (Random Acces Memory) minimal 16 MB
•    Modem (eksternal atau internal)
•    Jaringan Telephon
•    Monitor
•    ISP (perusahaan penyedia jasa internet)

Untuk bisa menjelajahi internet, kita harus mendaftar diri/langsung ke lembaga penyedia jasa internet yang disebut ISP (internet Service Provider)

Ada beberapa ISP yang bisa anda pakai di Indonesia :

1.    Telkom Net
2.    Iptek Net
3.    ITB Net
4.    Mega Net
5.    Indo Net
6.    red Net
7.    Satelindo
8.    Idola Net
9.    CBN Net
10.    Sisco Net
11.    Wasantara Net
12.    Melsa Net dll.

D. Istilah-istilah dalam Internet :

1.TCP (Transmission Control Protocol)
Yang memastikan bahwa semua hubungan telah bekerja dengan benar.

2.ISP ( Internet Service Provider)
Lembaga penyedia jasa internet.

3.IP (internet protocol)
Untuk mentransfer data dari satu computer ke computer lainnya, biasanya berupa nomor-nomor khusus (unik) sebagai pengenal untuk masing-masing komputer.

Apa Komentar Anda ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s